Senin, 09 November 2009

Tart Sus Buah by Ratna Mulianita

Kreasi Ratna Mulianita ini dibuat dari 'leftover' bahan mini cake untuk anaknya ...tapi hasilya terlihat cantik dan mewah ya?

Kemarin hari Minggu ceritanya bikin kue buat anakku yang lagi ultah, bukan birthday cake tapi cuma mini cake yang mau dibagi2in ke tetangga. Masih banyak sisa bahan kue, dikulkas ada susu ma kaleng coctail yang isinya tinggal setengah. Kepikiran bikin kue sus, cuma gak ada ide mau dibikin kaya apa. Buka2 resep nemu deh di Tabloid Saji, kebetulan susnya isi vla ma coctail, hehe...memanfaatkan sisa bahan yang ada. Kulitnya aku bikin pake resep NCC, cuma gulanya aku ganti dengan garam.

Tart Sus Buah

Bahan Kulit Sus:
200 ml air
125 gr margarine
1/2 st garam
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Bahan Vla:
300 ml susu cair
50 gram gula pasir
30 gram tepung maizena
1 btr kuning telur
1 sm butter
1/2 st essens vanila

Bahan topping:
1 kaleng (350gr) koktail
50 gr coklat masak putih, dilelehkan

Cara Membuat:
Kulit Sus:
1. Air, margarine dan garam direbus sampai mendidih. Masukkan tepung terigu dan diaduk cepat sampai kalis. Dinginkan.
2. Masukkan telur kemudian dimixer sampai rata. Masukkan dalam kantung segitiga.
3. Semprot sus melingkar tanpa spuit diameter 20cm di loyang yang dioles margarine. Oven 25 menit dengan suhu 200 derajat C
4. Semprot sisa adonan sus dengan bentuk bulat kecil2. Oven 25 menit dengan suhu 200 derajat C.

Vla:
Rebus susu cair, gula pasir, dan tepung maizena sambil diaduk sampai mendidih. Ambil sedikit rebusan susu. Tuang ke kuning telur, aduk cepat sampai rata. Tuang kembali ke rebusan susu. Masak sampai meletup-letup. Angkat. Setelah uapnya hilang masukkan butter dan essens vanili. Aduk rata.

Penyelesaian:
Rekatkan sus kecil dengan coklat masak putih leleh. Tempelkan mengelilingi sus. Tuang vla diatas sus. Tabur buah koktail. Hias sus kecilnya dengan coklat masak putih leleh.

Tidak ada komentar: