Kamis, 19 November 2009

Red Bitsuma by Rose Tjahya


Red Bitsuma by Rose Tjahya, originally uploaded by NCC Soes Week.

Halo temans semua,

Akhirnya saya bisa juga ikutan sumbang resep di event soes week ini,
awalnya sudah pesimis tidak sempet kirim karena bolak-balik utak-utik
resep soes warna merahnya tidak bisa keluar, akhirnya pasrah juga ini
hasil terakhir yang bisa saya hasilkan....atau memang warnanya seperti
ini....mungkin teman2 ada yang tahu (curhat jadinya)

teman2 jangan bingung sama namanya ya....sebenernya soes ini dari
"Soes Bit Merah Macaroni Schotel Beras Ketan" karena kepanjangan jadi
saya singkat jadi "Red Bitsuma" deh.....hehehe....

Bit Merah itu adalah buah bit yang warnanya merah, saya pake buah itu
karena saya selalu dipaksa minum jus buah bit merah oleh mama saya
untuk kesehatan katanya, tapi karena rasa jusnya yang langu saya tidak
suka (asli ndak doyan!), pernah coba minum sekali dan saya mau muntah
karena bau langunya, sejak itu saya tidak pernah sentuh jus buah bit
merah ini, sampe mama selalu ngomel karena saya tidak pernah mau minum

Kemudian saya lihat kreasi teman2 di soes week ini luar biasa bahkan
dari bayem bisa dibikin kue soes (punya mbak camelia kalo ndak salah),
maka timbul ide untuk meredam omelan mamaku, saya bilang kalo saya mau
makan buah bit merah itu setelah saya bikin dalam bentuk kue
soes....asli temen2 mama saya bingung dan bilang emang bisa?

akhirnya saya praktekin bikin soes buah bit merah ini pake tepung
beras dan tepung ketan, saya tidak pake terigu karena saya pengen yang
laen jenisnya....akhirnya setelah 3 kali uji coba untuk bisa
mengeluarkan warnanya biar soesnya berwarna merah, ternyata memang
warna merahnya buah bit ini tidak bisa keluar dan tetap berubah warna
menjadi coklat, akhirnya saya nyerah untuk bisa bikin soes ini
berwarna merah.
Tapi yang menyenangkan saya rasanya itu....eunak tenan, bener2 tidak
ada rasa buah bit yang langu itu, malah jadi berasa gurih kue soes dan
yummy nya macaroni shotel....berhasil saya menaklukkan rasa langu buah
bit merah ini....
cerita dan gambar lengkapnya di blog saya ya karena takut over kuota....hehehe


RED BITSUMA
(Bit Merah Soes Macaroni Schotel Beras Ketan)

Bahan Kulit:
200 cc Air Jus Buah Bit, (buah bit merah di jus ambil airnya)
1 sdm Buah Bit, ambil dari blenderan buah bit
75 gr Margarine
100 gr Tepung Beras (saya pake Rose Brand)
1 sdm Tepung Ketan (saya pake Roes Brand)
1 sdt BPDA
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Vanili
3 butir Telur

Bahan Isi:
75 gr Macaroni, rebus sampai empuk
75 gr Daging Asap, potong dadu kecil
50 gr Bawang Bombay, cincang halus
2 sdm Tepung Terigu
300 ml Susu Segar
1 sdm Margarine
4 butir Telur
1/2 sdt Lada
1 sdt Garam
1/2 sdt Gula
50 gr Keju parut
20 gr Keju parut untuk taburan

Cara Membuat Isi:
1. Panaskan margarine, tumis bawang bombay sampai harum
2. Masukkan daging asap, aduk rata.
3. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
4. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata
5. Masukkan lada, garam, gula, keju parut dan telur dan di aduk sampai rata

Cara Membuat Kulit Soes:
1. Masak air jus bit, garam dan buah bit dengan margarine sampai mendidih
2. Kemudian masukkan tepung beras, tepung ketan dan vanilli
3. Aduk dengan cepat hingga rata sampai kalis, angkat dan dinginkan
4. Setelah dingin masukkan telur satu per satu menggunakan mixer
dengan speed sedang, kemudian tambahkan BPDA aduk rata.

Penyelesaian:
1. Siapkan cetakkan pai kecil, taruh 2 sdm adonan, ratakan diseluruh loyang
2. Beri isi, tutup dengan adonan kulit, taburi dengan keju parut
3. Panggang dalam oven selama kurang lebih 35 menit sampai matang.


salam,
Rose Senduk
www.PiringSendok.blogspot.com

Tidak ada komentar: