Kamis, 19 November 2009

Soes Goreng Manis Gula by Jessica Adri



Waktu hari Minggu, saya main ke rumah mama. Sambil ngobrol sama mama, kita nonton TV. Lagi acara masak memasak, yang memandu adalah Farrah Quinn. Di acara tersebut dia membuat satu makanan cemilan. Adonannya seperti kue sus, tapi digoreng dan ditabur bubuk kayu manis & gula. Saya tidak sempat catat resepnya, jadi saya browse di internet. Ada beberapa resep, dan saya lupa waktu itu ambil resep dari mana. (maaf ya... karena waktu itu browse lewat HP, jd ga lama2) Saya catat resepnya. Kalau cara pembuatannya sudah lihat di TV.
Resep aslinya bernama "CHURROS", itu adalah makanan pagi atau cemilan di Mexico. Saya lihat bahan-bahan apa saja yang ada di rumah mama saya. Ada beberapa bahan yang tidak ada, seperti kayu manis bubuk dan gula halus. Tapi saya tetap coba dengan bahan-bahan yang ada. Saya pakai cara-cara seperti di TV, tapi dari bahan ada yang dikurangi, ditambah dan diganti. Telur di resep aslinya adalah 4, tapi setelah dimasukkan 3 butir, sudah mulai encer, jadi dikurangi 1. Karena tidak ada gula halus dan kayu manis bubuk, maka saya pakai gula pasir halus. Setelah jadi?? Wah rasanya enak juga, hehehehe.....

Di bawah ini adalah resep yang sudah saya modifikasi. Dan saya ganti namanya, karena pastinya berbeda dari resep aslinya.

“Soes Goreng Manis Gula”
Bahan soes:
250 ml air
100 gram margarin
160 gram tepung terigu ayak
3 butir telur
4 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh vanili bubuk
spuit bunga (biasa dipakai untuk menghias kue)
2 plastik segitiga
minyak untuk menggoreng
Bahan taburan:
5-6 sendok makan gula pasir halus atau gula halus
Cara membuat:
1. Panaskan air, margarin, gula dan garam dengan api kecil sampai mendidih
2. Setelah mendidih, matikan kompor. Masukkan terigu, aduk rata. Nyalakan kompor kembali, lalu masak sampai tercampur rata dengan api kecil. Matikan kompor, sisihkan.
3. Masukkan adonan ke dalam wadah. Masukkan vanili bubuk lalu kocok dengan mixer dengan kocokan pelan sampai hangat
4. Masukkan telur satu per satu sambil di mixer pelan-pelan. Matikan mixer lalu aduk rata dengan spatula. Sisihkan
5. Bolongi ujung salah satu plastik segitiga, lalu masukkan spuit bunga
6. Bolongi ujung plastik segitiga yang satu lagi lalu masukkan adonan soes
7. Masukkan plastik yang berisi adonan ke plastik yang ada spuitnya
8. Panaskan minyak, goreng adonan soes memanjang, caranya memotong adalah dengan gunting
9. Bila sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan
10. Taburi dengan gula. Sajikan


Resep ini juga sudah dimasukkan ke blok saya di http://jessi-adri.blog.friendster.com/

Tidak ada komentar: