Kamis, 05 November 2009

Swans and Chicks by Ari (Insihari Heng) (# 26)

Ck..ck..ck...cantik sekali soes Swan and Chicks kiriman Insihari Heng ini. Bagaimana cara membuatnya ya? Tenang...Ari menceritakannya di sini :

Siang semua mau ikutan laporan nih.

Dah niat banget nih pingin lapor :)
Pagi2 dah nyiapin semua peralatan nimbang2 bahan sampai jadilah kue soes swan.

Saya attach 2 foto karena pada waktu bikin ada accident mau bikin swan kok jadi lain bentuk, kata anakku mirip chick (anak ayam).

Ini resepnya aku pakai punya Yasa Boga.

Resep Dasar

Choux Pastry

Bahan:
150 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
100 gr mentega tawar
250 cc air
4 butir telur

Caranya:

* Didihkan air, mentega,dan garam, kecilkan api.

* Masukan sekaligus tepung, aduk dengan sendok kayu sampai adonan tidak lengket, angkat dari api.

* Sesudah agak dingin masukkan telur satu/ satu sambil diaduk hingga tercampur rata dan licin( gunakan sendok kayu atau mixer).

* Masukan adonan ke dalam kantong plastik segitiga, buat bentuk yg diinginkan di atas loyang datar yg sudah diolesi margarin.

* Beri jarak 3 cm , panggang dalam oven 200-210cl selama 20mnt sampai kecoklatan dan kering.

Tip dari aku, setelah agak kecoklatan turunkan suhu jadi 150 selama 5mnt biar agak kering.

Resep Vla:

500 cc susu cair
100gr gula pasir
5 kuning telur (aku cuma pakai 4)
25 gr tepung maizena ( aku pakai 50gr)
1 sdm mentega
3 sdm rhum ( aku pakai vanilla)

Caranya:

* Rebus susu dan gula hingga gula larut tambahkan maizena aduk sampai kental gunakan api kecil.

* Kocok kuning telur, masukkan ke dalam adonan maizena aduk rata .

* Masukkan mentega aduk rata angkat.

* Beri rhum / vanilla.

Salam
-Ari- @S'pore
Links:
hmelati2008.multiply.com
theangelcakes.multiply.com

Tidak ada komentar: