Jumat, 13 November 2009

Choux with Vanilla Vla and Theys Strawberry Chocochips by KrislestyoAtsianti

Dear Ny. Soes dan NCCers,

Waktu baca mau bikin soes week, pikiran jadi melayang beberapa belas
tahun yang lalu waktu aku baru lulus kuliah dan masih jadi
pengangguran. Biar anak perempuannya ga kebanyakan tidur, makanya sama
ibu aku diberdayakan untuk terima pesenan kue sus dari ibu-ibu
kompleks. Kayaknya waktu itu merana banget disuruh bikin kue sus, mana
cape kudu ngaduk pake sendok kayu dan telapak tangan kesakitan karna
mencet adonan untuk dicetakin.

Tapi kemaren kok rasanya senang banget waktu bikin, apalagi karna
bikinnya pake semangat pingin ngasih snack sore buat anak-anak.
Walaupun endingnya emaknya juga yang ngabisin, karna anakku ga suka
sama vlanya, sukanya makan kulitnya aja.

Sebenernya maksain bikin karna kemaren suamiku ada di rumah dan bawa
kamera DSLR barunya. Sekalian mau trial kamera baru.

Resep kulit dan resep vlanya aku pake resep yang udah beredar. Jadi
ngga aku posting lagi ya bu resepnya. Cuma pada vlanya aku tambahkan
coklat theys yang rasa strawberry yang aku beli waktu Tdt II minggu
kemaren.

Semoga berkenan dan bisa meramaikan soesweek ini. Foto-foto lainnya
bisa dinikmati di facebookku yah.
http://www.facebook.com/photo.php?pid=30724327&id=1497858812#/album.php?aid=2040019&id=1497858812

Salam manis,
Aan
Link: nccsoesweek.blogspot.com

ChristmaSoes by Fransisca Indah Rasanti


Mau lapor buat Soes Week niy.... setelah sekian week2an di ncc dilewatkan, akhirnya ikutan Soes Week kali ini..

Soes ini dibuat dengan resep NCC. Karena orang rumah senengnya soes vla standard yg nggak neko-neko, maka soes ini yang berbeda hanya bentuk/tampilannya saja.

Sesuai judulnya, soes kali ini bertema natal yg nggak terasa sebentar lagi tiba.. Sebenernya kemarin nggak cuma Christmas Tree yang coba dibuat, ada snowman & gingerman juga tapi pas udah mateng anakku komentar: mama bikin turtle ya...?? Oh..no.., ternyata lebih mirip turtle dari pada snowman hiks..hiks...


Cara membentuknya sebenernya mudah aja..
*. Pertama gambar pola yang kita inginkan di kertas roti (karena aku tidak bisa menggambar bebas, jadi pake cetakan cookies wilton101)
*. Selanjutnya oles loyang dg margarin, letakkan kertas berpola tadi dg posisi dibalik (jd jejak pensil/pulpen nggak kena adonan), oles lagi
*. Masukkan adonan kulit soes ke plastik segitiga, gunting ujungnya disesuaikan dengan besar/kecilnya pola dg tujuan supaya terlihat tekstur di hasil akhirnya
*. Untuk christmas tree aku spuit adonan melintang dari kiri ke kanan mulai ujung atas sampai bawah sesuai pola, untuk ukuran christmas tree nya wilton perlu diulangi sekali lagi/ditumpuk (jadi ada 2 layer, kalau cuma 1 layer ketipisan kayaknya)
*. Selanjutnya panggang seperti biasa... jadi deh...

Untuk dibuat dalam jumlah banyak juga nggak susah. Adonannya cukup bisa stabil sampai matang, tidak berubah bentuk, nggak mleyot...

salam,
sisca,-
www.my-rainbowcakes.com
See also: nccsoesweek.blogspot.com

Sus Ayam Keju by Ina


Sus Ayam Keju by Ina, originally uploaded by NCC Soes Week.

dalam rangka meramaikan nccsoesweek...maka laporan ini di repost lagi.... sekali-sekali pengen nyobain bikin sus yang asin..akhirnya pilihan jatuh ke sus ayam keju ini...setelah searching sana-sini, akhirnya jatuh ke resep yang ada di blognya mbak shirley "dapur solia" tapi karena ga punya merica hitam bubuk jadi bagian yang itu di skip ajah...

ini resepnya

SUS AYAM KEJU
sumber : shirley theresia "dapursolia"

Bahan: (A) Untuk Sus:
500 ml Air
150 gram Margarin
½ sdt Garam
200 gram Tepung terigu protein tinggi (Cakra)
4 butir Telur utuh ukuran sedang

(B) Untuk Isi:
2 sdm Margarin untuk menumis
100 gram Bawang bombay, cincang halus
350 gram Dada ayam, rebus, cincang kasar
½ sdt Merica bubuk
½ sdt Pala bubuk
¼ sdt Garam
1 butir Telur
100 gram Keju cheddar, parut
2 lembar Roti tawar, rendam dalam
100 ml Susu
Modified by Shirley: tambahkan ½ sdt merica hitam bubuk & ½ sdt kaldu ayam bubuk untuk menguatkan rasa

Cara membuat:

1) Siapkan 2 buah loyang ukuran 30 x 10 (loyang brownies) atau 1 buah loyang ukuran 26 x 26 cm, olesi dengan margarin (tidak perlu ditaburi tepung atau dialasi kertas roti).

2) Sus: didihkan air bersama margarin (ada yang menyarankan jangan sampai mendidih bergolak, cukup sampai mendidih pertama), lalu masukkan garam dan tepung, aduk terus sampai kalis (tercampur seluruhnya dan tidak menempel di panci). Dinginkan sekitar 15-20 menit. Setelah hangat, masukkan telur satu per satu, sambil dicek apakah adonannya terlalu lembek (gunakan telor yang besarnya sedang, bukan yang jumbo supaya adonan nggak becek). Kocok dengan mixer kecepatan rendah (speed 1) hingga tercampur rata. Masukkan 1/3 hingga 1/2 adonan ke dalam plastik segitiga. Sisihkan.

3) Nyalakan oven, atur pada suhu 200 °C (untuk pemanasan, bisa atur ke 220 derajat, baru diturunkan setelah adonan masuk).

4) Isi: Panaskan margarin. Masukkan bawang bombay cincang, tumis hingga harum. Masukkan daging ayam cincang, aduk2 hingga berubah warna. Matikan api. Masukkan rendaman roti & susu. Masukkan semua bumbu kecuali merica hitam, aduk rata. Setelah agak dingin, masukkan telur, aduk hingga rata.

5) Penyelesaian: ambil adonan sus dari panci, letakkan di loyang sampai menutupi dasarnya. Masukkan ke dalam oven, stabilkan suhu di 200 °C, panggang selama 10-15 menit sampai busanya hilang dan adonan agak naik. Keluarkan, tata adonan isi lalu taburi dengan merica bubuk hitam. Taburi dengan keju parut. Semprot sisa adonan sus bagian atas, bentuk menjadi silang/pagar. Masukkan kembali dan panggang selama ± 20-25 menit sampai matang / kecoklatan (jangan buka oven sampai adonan matang).

6) Setelah matang, dinginkan lalu potong2 sesuai selera.

7) Jika sus ini harus menginap, masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu masukkan kulkas bawah. Ketika akan dinikmati, susun di piring datar, parut sedikit keju mozarella di atasnya, panaskan di microwave selama 2 menit (set to high). Hidangkan dengan sambal botol.

tapi cara pembuatannya yang beda, klo mbak shirley alasnya dipanggang dulu, klo saya langsung semua jadi 1 disusun trus di oven...(sempet tanya mbak vivi liong via FB, bagusnya dipanggang alas dulu ato langsung semua...jawabnya klo alas dipanggang dulu ntar alasnya jadi kering banget krn dipanggang 2x) ...tapi hasilnya koq kayak benyek ya..(koq malah balik nanya)..lapisan atasnya uda coklat tapi bawahnya msh terkesan basah apalagi yang nempel sama isi...mungkin saya yang salah kali..masih penasaran sama sus ayam keju ini..lain kali pengen nyoba lagi dengan cara alasnya dipanggang dulu...mudah2an sukses...
sempet minder nich sama hasil fotoku yang ga sebrapa bagus..tapi nekadz aja dech..klo ga nekadz..kapan berani untuk unjuk gigi....

tengkyu ...


Ina
http://www.denskitchen.blogspot.com/

Soesy Choco Mango by Jenny


Soesy Choco Mango by Jen, originally uploaded by NCC Soes Week.

Musim mangga membuahkan kreasi yang unik seperti soesy Choco mangonya Jenny ini...bikin yuk, mumpung mangga lagi membanjiri kota kita..

Dear nyonya soes 1 & 2,

:) biar masih katrok hehe tetep mau ikutan soes week ah.. Idenya
muncul krn dikasih mangga dr mertua tercinta ^v^ alhasill.. Hehe jadi
dh Soesy Choco Mango

Resepnya kulit dari buku Yasaboga Cake&Pastry :
100gr mentega tawar
250ml air
150gr tepung terigu
1/2sdt garam
4btr telur

Pelengkap:
2buah mangga iris dadu
100gr dcc dicairkan

Cara:
1. Didihkan mentega,air dan garam,masukkan sekaligus tepung
terigu,aduk dgn sendok kayu.
2. Sesudah aga dingin masukkan telur 1 per 1. Aduk hingga rata dan licin.
3. Dengan bantuan semprong semprotkan adonan sedikit2 disekeliling
tepi piring,jarak @ 2cm. Angkat piring,panggang 20menit/hingga matang.
4. Hias tengah dengan mangga dadu dan hias dengan DCC cair.

Jenny
Link: nccsoesweek.blogspot.com

Soes Tanduk Pandan by Komalasari

Ini untuk pertama kali Sari bikin soes...masih agak takut gagal..tapi ternyata sukses...jangan takut lagi ya Sar, soes tandukmu cantik kok.... :)

Dear Ny. Soes 1 & 2,

ABG mo ber-PD ria ikut ajang soes week. Pertama kali coba bikin soes.
Alhamdulillah berhasil ^^
Pake resep yasaboga. Karena takut gagal, aku cuma bikin 1/2 resep.
Secara oven listrikku juga kecil.
Itu pun manggangnya di pantengin terus (takut gagal) xixixi....

Sebenernya ini soes biasa. Bingung mo di namain apa. Ya sutralah aku
namain sesuai picnya aja :-p
Secara fotonya ujung soesnya aku kasih tanduk dr daun pandan (maksa.com).

Pak Wisnu, gimana hasil foto seorang ABG nih. Kasih masukan ya Pak.
Klo kelebihan dikit jgn dicentong ya Pak :-)

Salam Soes,
Sari
www.bakingyook.blogspot.com
See also: nccsoesweek.blogspot.com

Sus Isi Kornet by Tati Kurnia

Hehe...walaupun isinya menggunakan bahan bahan yang sisa di kulkas namun soes isi kornetnya Tati ini layak dicoba ya...kelihatannya guriiiiiiiiih banget...dijamin setelah ini tidak akan ada kornet yang tersisa di kulkas kita..karena akan selalu habis dibuat soes isi kornet :)

Yang ini cuma variasi isian aja, memanfaatkan dan memberdayakan isi
kulkas, daripada expired:)

Kulitnya sama, pakai resep NCC
Untuk isian resepnya sebagai berikut :

1 butir bawang bombay, cincang. Ditambah 3 siung bawang putih. Tumis
dengan 1 sdm margarine. Masukkan kornet (corned isi 200gr), aduk2 10
menit. Tambahkan 100ml susu, garam secukupnya dan 2 sdm tepung terigu.
Masak sampai mengental. Siap jadi isian sus. Selanjutnya semprotkan
mayonaise di permukaan kue sus.

Variasi sus lainnya bisa dilihat di sini :
dapur-tati.blogspot.com/2009/11/its-all-about-choux

Salam,
~tati~

dapur-tati.blogspot.com
tatigallery.blogspot.com

Sus Vla Vanila by Tati Kurnia

Duuuuuuuhhhhh....cantik sekali photo soes klasiknya Tati Kurnia ini....

Luar biasa modifikasi resep sus dari NCCers....sampai bingung mo
ikutan bikin sus model apa? Akhirnya bikin sus isi vla biasa aja,
kayaknya belum ada yang bikin ya....:D

Resepnya

Sus isi Vla
Resep : Fatmah Bahalwan

Bahan:

200ml air
125 gr Margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Cara membuatnya

- masak air, mentega dan gula hingga mendidih
- masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis, angkat, dinginkan
- masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
- masukkan adonan kedalam plastic segitiga, semprotkan diatas loyang
yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.

Vla Vanilla

Bahan:

2 btr kuning telur
50 gr tepung Maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir
1 sdm rhum (optional)

Cara membuat :

- Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas kuning
telur, satukan. Sisihkan
- didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang
larutan tepung maizena, aduk cepat sampai rata, biarkan mendidih
sekali lagi. Angkat.

Links:
dapur-tati.blogspot.com/2009/11/its-all-about-choux.html
nccsoesweek.blogspot.com
Salam,

~tati~

dapur-tati.blogspot.com
tatigallery.blogspot.com

Soes Black Or White by Raynia Atmadja

Weleh..weleh...ternyata walaupun sudah almarhum, Michael Jackson tetap jadi inspriasi ya, bahkan dalam dunia kuliner. Coba simak resep kiriman Raynia Atmadja ini :

Dear All,

My first time ikutan event di NCC, this is just an ordinary sus, tapi
semangatnya yg membuat sus ini jadi extraordinary.
Terinspirasi dari menonton Film ‘This Is It” Michael Jackson, anakku
si ganteng tergila gila dengan salah satu lagunya : Black Or White.

Maka jadilah sus ini yang tipsnya pada saat mencetak kulitnya adonan
putih dan coklat digabung yang sebelumnya masing masing dimasukan ke
piping bag, dan kembali disatukan dalam piping bag besar.

Isinya adalah ganache coklat yang ditambah irisan strawberry segar
untuk memberikan variasi rasa.

Resepnya :

Adonan Kulit menggunakan resep dasar sus NCC

Adonan Dasar Kulit Sus

Bahan:
200 ml air
125 gr Margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Cara membuatnya:

Masak air, mentega dan gula hingga mendidih.
Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis, angkat, dinginkan.
Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
Adonan dibagi dua, satu bagian ditambah coklat bubuk kurleb 30 gram,
masing masing dimasukan ke plastik segitiga
Dua plastik segitiga yang sudah berisi adonan, dipotong ujungnya dan
kembali dimasukan kedalam plastik segitiga, semprotkan diatas loyang
yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.
Cetak dan Panggang dengan suhu tinggi

Isi sus

Bahan

1.Whipped Cream cair 300ml

2.Coklat Masak 200 gram, dicairkan dengan cara di tim

3.Strawberry Segar dipotong kecil kecil

Cara membuat;

Kocok whipped cream sampai kaku, campurkan coklat cair, kocok sampai
rata, tambahkan strawberry segar dan isikan ke dalam sus.

Terimakasih buat Jeng Riana yang sudah menyemangati :)

Foto diambil pake kamera phone, maaf kalau hasil kurang maksimal.

Ciayooo..

Warm regards

Nia
Link: nccsoesweek.blogspot.com

Soes Ceri Black Forest by Komalasari

Kiriman Komalasari ini memang bukan satu satunya soes black forest di NCC Soes Week ini, tapiiiii...nggak ada larangan kalau mengirim resep dan kreasi double kok Sari...semua di welcome. Yang jelas, semuanya nikmat....

Laporan ke-2 untuk ajang soes week. Sekarang bikin kulitnya warna
coklat. Resep diambil dari Seri Memasak Kartini.
Kemarin kayanya ada juga yg udah lapor soes black forest deh (mba sapa ya ??).
Nyonya soes klo ga boleh sama ga dimasukin ajang soes week juga gapapa.

Berikut resepnya :

Soes Black Forest
sumber : Seri Memasak Kartini

Bahan :
Kulit soes coklat
250 ml air
125 gr margarin
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu, ayak bersama 30 gr coklat bubuk
4 btr telur

Vla
250 ml susu cair
4 sdm gula pasir
1/8 sdt garam
25 gr tepung maizena, larutkan dgn 25 ml air
1 kuning telur
1 sdm rhum (aku skip)

Pelengkap
6 buah stroberi, iris tipis (mubeng2 nyari ga ketemu aku ganti sama ceri)
50 gr coklat masak, serut

Cara membuat :

Kulit soes coklat : Rebus air, margarin, & garam sampai mendidih.
Masukkan tepung terigu & coklat bubuk sekaligus, aduk hingga adonan
tidak lengket di dasar panci. Angkat & biarkan uapnya hilang.
Masukkan telur satu persatu, aduk hingga adonan rata. Setelah adonan
dingin dimasukkan ke dalam kantong semprotan kue.
Semprotkan adonan ke atas loyang datar yang sudah diolesi sedikit
margarin. Panggang dalam oven panas selama 30 menit hinggan matang.
Angkat dan dinginkan.
Vla : campur susu cair, gula pasir, dan garam, sampai mendidih.
Kentalkan dengan larutan tepung maizena, masak sampai meletup-letup.
Ambil sedikit adonan vla, campur dengan kuning telur, aduk rata.
Masukan kembali ke dalam adonan vla. Masak sampai kental. Angkat,
tambahkan rhum, aduk. Setelah dingin, masukkan dalam kantong plastik
segitiga.
Penyelesaian : Belah dua sus, semprotkan vla ke dalamnya. Tambahkan
stroberi dan cokelat serut. Sajikan.

Salam Soes lagi,
Sari
www.bakingyook.blogspot.com
See also: nccsoesweek.blogspot.com

Sus Bunga Vla Pisang by Vivi Liong


Akhirnya ada juga resep yang menggunakan buah yang kaya kalsium ini...Sus Bunga vla Pisang kiriman Vivi Liong..di akhir posting ini, Vivi juga menampilkan photo cetakan kue soes yang dipakainya. Thanks, Vivi...


SUS BUNGA VLA PISANG

Yummy sekali, sebagai variasi dari rasa sus yg biasa....Cobain deh!

Bahan Kulit Sus:

- Air 250 ml
- Margarin 100 gram
- Garam 1/4 sendok teh
- Tepung terigu Bogasari Segitiga Biru atau Gunung Bromo 150 gram
- Telur ayam 4 butir

Vla Pisang:

- Susu cair 500 ml
- Tepung maizena 60 gram
- Gula pasir 100 gram
- Kuning telur 2 butir, kocok lepas
- Margarin 1 sendok makan
- Rhum 1 sendok teh, siap pakai
- Pisang 200 gram, kukus, blender

Cara Membuat:

1. Kulit Sus: Didihkan air bersama margarin dan garam hingga mendidih,
masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga kalis dan
matang lalu angkat.

2. Setelah adonan hangat, masukkan telur satu per satu sambil dikocok
dengan mixer hingga rata. Masukkan adonan ke dalam kantung semprot
lalu semprotkan adonan ke dalam loyang pai yang telah dioles margarin
tipis-tipis. Panggang dalam oven dengan suhu 200ยบC selama 20 menit
hingga matang, angkat dan keluarkan dari loyang.

3. Vla Pisang: Bagi susu menjadi 4 bagian (50 ml campur dengan telur
kocok, 100 ml campur dengan tepung maizena, 100 ml campur dengan
pisang kukus blender).

4. Masak sisa susu (250 ml) bersama gula hingga mendidih, masukkan
campuran pisang blender dan campuran maizena, aduk rata. Tambahkan
campuran telur kocok, aduk rata hingga kental lalu angkat.

5. Tambahkan margarin dan rhum, aduk rata. Masukkan ke dalam kantung
semprot yang diberi spuit mawar. Semprotkan vla di atas kulit sus.

6. Sajikan

--

Paris Brest Pandan by Ema Yudistira

Ada yang penasaran kenapa soes macam ini disebut Paris Brest?? Baca penjelasan dari Ema Yudistira dan cobain juga resepnya ya...

Resep ini sudah lama ingin dicoba setelah dulu 2 tahun lalu dlm Klub
Berani Baking (KBB) dimana tantangan pertama adalah membuat Paris
Brest dengan topping caramel...., resepnya ok banget...!!!, setelah
itu aku jg mencoba membuat choux pastry ini dgn model profiteroles
versi chef Gordon Ramsay..., choux dgn isian es krim vanila dan
siraman caramel yg membuai lidah olala....,

Kali ini dapat resep dr sedap sekejap Nova yaitu Paris Brest nya ala
indonesia dengan memakai pandan dan kelapa muda....,membayangkan
rasanya hmm......menarik dan patut dicoba...!!

Ohya pasti ada yg penasaran kenapa choux pastry alias kue soes ini
dinamakan Paris Brest, berdasarkan sumber resep pertama yg aku dapat
dlm tantangan KBB#1 dari buku AWW Wicked Sweet Indulgences:

“Paris brest adalah : adonan kue soes/choux, tetapi dibentuk sperti
donat mini. Makanan ini dperkenalkan pertama kali oleh seorang chef
Perancis untuk menghormati perlombaan balap sepeda yang dilaksanakan
diantara kota Paris dan Brest........ “

Nah begitu ceritanya so selanjutnya daripada penasaran ayo kita bikin
sama2..........yuukks..!!

Sumber : sedap sekejap Nova

Bahan sus :
75 gram margarin
150 ml air
75 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh garam
2 butir telur
2 tetes esen pandan
6 tetes pewarna hijau muda

Bahan filling:
150 ml susu cair
60 gram gula pasir
2 sendok makan tepung maizena
150 gram kelapa muda, diserut panjang ( kebetulan aku ga punya diganti
dgn dried fruits yg ada kelapa mudanya jg..)
6 tetes pewarna hijau muda

Bahan cream:
100 gram wippy
200 ml air es

Bahan topping:
25 ml susu cair
75 gram dark cooking chocolate
25 gram almond slice, dipanggang

CARA MEMBUAT :

Sus:
Rebus margarin, air, dan garam sampai mendidih. Masukkan tepung, aduk
hingga kalis. Angkat dari api.
Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok rata. Semprotkan
melingkar di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 35 menit dengan
suhu 190 derajat Celsius.

Filling:

Rebus susu, maizena, gula, dan pewarna hijau sambil diaduk hingga
meletup-letup. Sisihkan.
Kocok bahan cream sampai mengembang. Masukkan campuran filling yang
sudah dingin. Kocok rata. Tambahkan kelapa muda. Aduk rata.
Belah sus menjadi 2 bagian, semprotkan filling. Tutup lagi dengan sus lainnya.

Topping:

Panaskan susu. Tambahkan cokelat. Aduk hingga leleh. Siram ke atas
sus, tabur almond slice.

Ohya, karena di NCC sedang ada event Soes Week..., jadilah aku ikutan
berpartisipasi didalamnya..., semoga menambah variasi sajian soes dan
bisa berbagi resep dengan teman2 semua.....

Salam,
Ema Yudistira
My Website: ema-smallkitchen.blogspot.com/
Other: darrellmom.multiply.com/
See also: nccsoesweek.blogspot.com

Soeshi by Nia Kurniasih


Soeshi by Nia Kurniasih, originally uploaded by NCC Soes Week.

Waaah....ahlinya brownies keju Nia Kurniasih membuat Soeshi yang cantik jelita ini untuk NCC Soes Week. Nggak sia sia deh perjalananmu mencari nori, Nia :)

Ahhh... akhirnya ikutan juga deh hehehehehe.... Setelah nyari wangsit
10 hari 10 malam, dapet juga idenya pas Hari Pahlawan :D
Sushi, jenis makanan dari Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia
kayaknya, dikawinkan dengan Soes a.k.a Choux Pastry, jenis pastry
paling simple dalam pembuatannya, menghasilkan a new breed, Soeshi.
Bagi saya yang tinggal di pinggiran kota, bikin Soeshi yang
notabene-nya kudu bikin sushi dulu punya kesulitan tersendiri, yakni
dalam mencari Nori. Search di internet, ada yang ngasih tau katanya
di Carrefour jual kok Nori, eh pas saya cari ke C4 Cibinong ternyata
gak ada, :( berasa banget tinggal di pinggiran hahahahaha....
Akhirnya nitip hubby, tadinya sih nitip beliinnya di C4 Ambass, eh pas
hari itu hubby lagi ada job di BalKot. Yawdah, dicariin di C4 Duta
Merlin, ternyata ada :D Gak tanggung-tanggung dibeliin 3 bungkus
skaligus -_-' Mo dagang sushi kaliiii gw :p
Nori udah dapet, tinggal beli salmon dan alpukat. Berhubung alpukat
lagi gak musim, ya kudu beli di C4 lagi deh yang deket... untuk dapet
yang mateng :D Hasil pencet-pencet hahahahha...
Untuk soes masih pake resep di NCC, jadi yang disertakan di sini bahan
untuk sushinya aja yah :D

Soeshi by Radin Cake
Resep kulit soes dari NCC
Masukkan dalam plastik segitiga, tata dalam bentuk memanjang sekitar 4
row berdempetan, tergantung besarnya lobang plastik.
Sushi

1 bungkus Nori (kira-kira 4-5 lembar)
2 mangkok nasi sushi, atau nasi pulen, atau nasi dari beras campur ketan
Salmon fillet, dislice tipis melintang, kucuri lemon
Alpukat matang atau setengah matang
Cara Membuat:

Letakkan Nori horizontally di atas rolling mat (biasanya dari bambu,
kayak krei bambu gitu cuma kecil, kalo gak ada bisa pakai plastik
lebar)

Tebar nasi pulen di sepanjang permukaan nori KECUALI di bagian atas
(far side), sisakan sekitar 2 cm. Tekan-tekan nasi dengan jari.

Tata salmon di tengah-tengah nasi (horizontally, dari kiri ke kanan),
tumpuk dengan alpukat. Jangan banyak-banyak ntar susah digulung.

Gulung sambil padatkan deh. Kayak ngegulung bolgul hehehehehehe...

Potong dengan pisau yang sangat tajam dan celup air dulu pisaunya
sebelum memotong 1 slice. jadi abis motong, celup lagi, motong lagi,
celup lagi, dst.

Penyelesaian:
Kulit soes yang sudah dipanggang memanjang, dibalik, taro 1 slice
sushi, gulung.

Tips:

Berhubung Nori yang bungkusan gitu biasanya ada robek-robeknya,
didobel aja, baru disebar deh nasinya.
Fyi, Nori rasanya sudah asin yah, jadi nasi gak perlu dikasih garam juga gpp.

Image yang lebih besar bisa dilihat di website.

--
Regards,

-Nia-
+62 856 94 3333 07
YM: radincake
www.radincake.com
See also: nccsoesweek.blogspot.com

Soes Popeye / Popeye's Choux by Camelia

Camelia berhasil mengalahkan rasa tidak sukanya pada bayam dan wortel, dan malah membuat sebuah kreasi soes dari kedua bahan itu. Hasilnya...wuenak tenan... Pesan Lia buat ibu ibu yang ingin memberi sayur kepada putera puterinya dengan 'cara halus', mungkin bisa bikin soes Popeye ini :)

Para Nyonya soes yang baik hati dan teman-teman semua,

Ngeliat hebohnya soes week dimilis, aku gak mau ketinggalan buat
ikutan.. Dengan membuang rasa malas dan menyingkirkan segala kegiatan
lain, kemarin aku mulai membuat soes. Walaupun semula konsepnya gak
begitu jelas mau bikin soes apa, tapi ternyata setelah mulai membuat,
ide pun bermunculan dengan sendirinya.

Sempat kepikiran mau bikin soes dengan filling bayam dan wortel. Dua
jenis sayuran yang tidak aku sukai dari kecil hingga sekarang. Tapi di
tengah jalan, aku berubah fikiran, bayamnya aku cemplungin sekalian ke
adonan kulitnya. Saking gak yakinnya bakalan berhasil, bikin isinya
aku tunda dulu sampe mulai kelihatan seperti kulit soes...hihihihi...
kebayangkan betapa hepi nya daku ngeliat kulit soes berwarna hijau dan
berbintik dengan cantiknya. Setelah dicicipi, humm...aroma bayam gak
kentara sama sekali dan rasanya empuk dan nyam-nyam sekaleeee...

Untuk fillingnya, wortelnya aku lumatkan supaya gak keliatan sepeti
wortel (aku gak doyan! gak doyan!). Setelah dicampur dengan bahan lain
dan sausnya, bau langu wortel yang suka bikin aku bete hilang seketika
dan rasanya jadi enak banget, seperti makan soes pake chicken salad.
Gak rugi deh aku mangkal di dapur seharian..hehehe

Soes ini udah komplet banget, ada bayam, telur, paprika, wortel, keju
dan ayam. Namanya??...Well..well..well... Popeye's Choux alias
Soes-nya Popeye. Namanya itu pemberian mom Elly, si mommy panda.
Katanya karena gizinya lengkap, mudah-mudahan anak-anak yang makan
soesku ini tenaganya bisa kuat kayak Popeye yang selalu siap buat
gebukkin si Brutus... hehehehehe... makasih ya mom, namanya kayaknya
pas banget n' lucu deh... semoga Soes Popeye ini bisa jadi ide buat
ibu-ibu yang anaknya gak doyan sayur kayak aku ya!

Nah, buat yang mau nyobain, resepnya ada dibawah ya...

*hugs*
Camelia
http://www.camelia-at-home.blogspot.com/

SOES POPEYE (POPEYE'S CHOUX)
by Camelia

Bahan :

2 genggam daun bayam
200 ml air
50 ml air
100 gr margarine
1 sdm gula pasir
130 gr tepung terigu
2 butir telur

Cara membuat :

Blender daun bayam dengan 50 ml air hingga halus, sisihkan. Panaskan
200ml air, margarine dan gula. Tunggu hingga margarine dan gula
benar-benar larut (mulai mendidih), masukkan bayam yang sudah
diblender, biarkan mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk hingga
kalis, dinginkan. Setelah dingin, masukan telur satu persatu sambil
dikocok dengan mixer hingga kental dan rata, adonan siap untuk di
semprotkan.

Filling :

1 bh dada ayam, rebus, dinginkan, potong kotak
100 gr wortel, kukus, lumatkan, dinginkan
1/2 paprika merah, potong kotak
2 putih telur rebus, potong kotak

Bahan saus :
100 gr mayonaise
2 kuning telur rebus
1 sdm saus sambal (aku pake sambal belibis, hilangkan kalau gak mau
ada pedasnya)
1 sdt merica hitam yang digerus kasar
keju cheddar parut untuk taburan

Caranya :

Lumatkan kuning telur bersama mayonaise, tambahkan saus sambal dan
merica hitam. Aduk rata, sisihkan.
Dalam wadah, campur ayam dan wortel yang sudah dilumatkan hingga rata.
tambahkan saus mayonaise tadi. Aduk rata, lalu masukkan paprika,
campur hingga rata.
Ambil kulit soes, beri filling, taburi dengan keju. Sajikan.

PS : Masukkan bayam setelah mentega dan gula benar-benar larut dan air
mulai mendidih, agar bayam tidak dimasak terlalu lama...

Camelia
http://www.camelia-at-home.blogspot.com/
See also: nccsoesweek.blogspot.com

Deluxe Cheese Soes by Helin

Satu lagi yang mendapat dorongan dari mas Wisnu, bu Fat dan teman teman NCC dan berhasil mengalahkan ke-jiper-annya, Deluxe Cheese Soes by Helin...

Alhamdulillah...

Akhirnya setelah mengumpulkan keberanian dan kekuatan (berlebihan ya)
saya bisa ikut juga event bergengsi ini.

Jadi inget curhatan malam minggu lalu mengenai jiper ikut soesweeks,
bagaimana respon papa wisnu dan mama fat (he3 ;)) dan semua temen2 yg
telah memberi semangat. akhirnya hari ini terciptalah deluxe cheese
soes.

Mungkin untuk sebagian orang soes ini too standard bgt, tapi untuk
saya yang baru pertama kali mencoba buat soes, hal ini sangat luar
biasa. Langsung sukses tanpa gagal ditambah laris manis langsung habis
karena memang rasanya enak banget. Udah ah narsis2an nya ;)

Resep kulitnya saya ambil dari buku yasa boga (karena belum pd saya
pakai 1\2 resep).
Bahan kulit soes:
50 gram mentega
125 ml air
75 gram terigu
1\4 sdt garam
2 butir telur

Bahan vla keju:
200 ml susu
40 gram gula
2 sdt maizena
1 butir kuning telur
50 gram keju cheddar, parut
Bahan topping:
75 gram keju mozarella, parut

Cara membuat:
Kulit: Didihkan mentega, air dan garam (kecilkan api). Masukan terigu,
aduk dengan spatula sampai adonan tidak lengket. Tunggu agak dingin.
Masukan telur. Kocok dengan telur sampai rata dan licin. Semprit
bentuk cincin pada loyang yang telah dipoles margarin. Panggang pada
suhu 200C selama 25 menit.
Vla: cairkan maizena dengan sebagian susu. Kocok kuning telur dengan 3
sdm susu. Didihkan sisa susu dengan api kecil. Sambil diaduk masukan
cairan maizena, keju cheddar dan gula. Aduk hingga kental. Masukan
cairan kuning telur, kocok. Angkat dan aduk hingga dingin.
Penyajian: masukan vla pada bolongan soes dengan spuit. Beri taburan
mozarella. Panggang kembali sampai keju leleh.

Helin
Link: nccsoesweek.blogspot.com

BurSoes (Burger Soes) by Vitria Sari

Dear Nya Soes 1 and 2

Mau coba ikutan soes week neh..., ide sih dah dateng lama, cuma gak PD aja
tuk buat, tapi setelah mas wisnu bilang warga NCC gak boleh gak PD.. ya
sudah deh.. hajar bleh..
resep soes pake NCC punya (aku gak post yah resepnya soalnya dah banyak yg
posting), aku bikin dua satu model manis, satu model asin yg kukasih nama
BURSOES alias burger soes.. isi burgernya standard, daun sla, tomat, keju,
mayonaise and smokebeef (eh.. bolehkan daging burger diganti smokebeef tapi
tetep dinamain burger :) )

..Duh senengnya ngeliat soesnya menol2 and motifnya kliatan (aku pake spuit
1B wilton) ntuk laporannya yang manis menyusul yah (eh... boleh posting
foto lebih dari 1 kan???)

thanks dah dikasih kesempatan tuk ikutan, mudah2an fotonya gak melanggar
netiket (msh dibawah 70KB)

Hidup NCC

Wassalam
Vitri
Link: nccsoesweek.blogspot.com

Soes Tongkol Pedas by Yulia Cahyaningrum

Setelah 2 kali ngirim laporan soes gak ada yang comment (soes standart
dan foto standart kok minta dicomment!!)
langsung ingat Pak Wisnu, bikin soes bentuk ikan dan diisi ikan
setelah mencari-cari ditumpukan jerami..halah..
akhirnya hari ini saya kirim soes lagi....

resep kulitnya pakai resepnya Bu Fat (resp soes ini memang mantap
buanget), isinya pakai resep isi panada....

kulitnya pakai resepnya Bu Fat yang dibentuk ikan langsung diatas
loyang yang dioles margarin

Isinya:
bahan:
250gr ikan tongkol, kukus dan disuwir-suwir
30lbr daun kemangi

bumbu halus:
7 bh bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabai merah besar
10 cabai rawit merah (saya kurangi kurang suka pedas)
1sdt ketumbar
2sdm gula
1sdt garam
1/4 sdt merica

cara membuat:
Panaskan 2sdm minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.
Masukkan ikan tongkol, masak hingga matang
masukkan daun kemangi, aduk rata, angkat

penyajian:
belah kulit soes, isi dengan isian trus difoto trus dimakan...:)
dah dibagi-bagi ke teman-teman, semua bilang enaaak (narsis hehehe)

salam soes,

yulia_c
Link: nccsoesweek.blogspot.com

CreMoc Tiger Soes (Cream Mocca) by Wawa Tan

Wawa mengirimkan soes yang berisi vla mocca...wow...dimakan dalam keadaan dingin di siang hari yang panas...wuihhh...lezaaat sekali...

Ini Laporan ke 2 ku untuk soes week..abis kemaren mbak joris bikin cake mocca nya.. jadi juga ikut ikutan filling mocca.. jadilah:

CreMoc* Tiger Soes (Cream Mocca)

Ingredients for Puffs:

130g Mentega
1 1/2 Air
1 sdm gula halus
1/4 sdt garam
180g Teping terigu
5 Telur (M)
1 sdt Vanilla Essence
piping bags & nozzles

Topping Tiger
Bahan 1 :

100 gr margarin
60 gr minyak sayur
2 butir telur
90 gr gula halus
mixer hingga rata
40 gr susu bubuk
280 gr tepung terigu

Filling:
- 300ml dairy whipped cream
- 2 sdm mocca pasta
- choco powder (kalau suka)
Cara:
- whipped cream + mocca pasta+ Choco powder dikocok sampai mengembang dan kental

wawa
madebywawa.blogspot.com
FaceBook N YM: wawa_mango@yahoo.com.sg
MSN: ch4ror1n16789@hotmail.com
See also: nccsoesweek.blogspot.com