Jumat, 13 November 2009

Soes Popeye / Popeye's Choux by Camelia

Camelia berhasil mengalahkan rasa tidak sukanya pada bayam dan wortel, dan malah membuat sebuah kreasi soes dari kedua bahan itu. Hasilnya...wuenak tenan... Pesan Lia buat ibu ibu yang ingin memberi sayur kepada putera puterinya dengan 'cara halus', mungkin bisa bikin soes Popeye ini :)

Para Nyonya soes yang baik hati dan teman-teman semua,

Ngeliat hebohnya soes week dimilis, aku gak mau ketinggalan buat
ikutan.. Dengan membuang rasa malas dan menyingkirkan segala kegiatan
lain, kemarin aku mulai membuat soes. Walaupun semula konsepnya gak
begitu jelas mau bikin soes apa, tapi ternyata setelah mulai membuat,
ide pun bermunculan dengan sendirinya.

Sempat kepikiran mau bikin soes dengan filling bayam dan wortel. Dua
jenis sayuran yang tidak aku sukai dari kecil hingga sekarang. Tapi di
tengah jalan, aku berubah fikiran, bayamnya aku cemplungin sekalian ke
adonan kulitnya. Saking gak yakinnya bakalan berhasil, bikin isinya
aku tunda dulu sampe mulai kelihatan seperti kulit soes...hihihihi...
kebayangkan betapa hepi nya daku ngeliat kulit soes berwarna hijau dan
berbintik dengan cantiknya. Setelah dicicipi, humm...aroma bayam gak
kentara sama sekali dan rasanya empuk dan nyam-nyam sekaleeee...

Untuk fillingnya, wortelnya aku lumatkan supaya gak keliatan sepeti
wortel (aku gak doyan! gak doyan!). Setelah dicampur dengan bahan lain
dan sausnya, bau langu wortel yang suka bikin aku bete hilang seketika
dan rasanya jadi enak banget, seperti makan soes pake chicken salad.
Gak rugi deh aku mangkal di dapur seharian..hehehe

Soes ini udah komplet banget, ada bayam, telur, paprika, wortel, keju
dan ayam. Namanya??...Well..well..well... Popeye's Choux alias
Soes-nya Popeye. Namanya itu pemberian mom Elly, si mommy panda.
Katanya karena gizinya lengkap, mudah-mudahan anak-anak yang makan
soesku ini tenaganya bisa kuat kayak Popeye yang selalu siap buat
gebukkin si Brutus... hehehehehe... makasih ya mom, namanya kayaknya
pas banget n' lucu deh... semoga Soes Popeye ini bisa jadi ide buat
ibu-ibu yang anaknya gak doyan sayur kayak aku ya!

Nah, buat yang mau nyobain, resepnya ada dibawah ya...

*hugs*
Camelia
http://www.camelia-at-home.blogspot.com/

SOES POPEYE (POPEYE'S CHOUX)
by Camelia

Bahan :

2 genggam daun bayam
200 ml air
50 ml air
100 gr margarine
1 sdm gula pasir
130 gr tepung terigu
2 butir telur

Cara membuat :

Blender daun bayam dengan 50 ml air hingga halus, sisihkan. Panaskan
200ml air, margarine dan gula. Tunggu hingga margarine dan gula
benar-benar larut (mulai mendidih), masukkan bayam yang sudah
diblender, biarkan mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk hingga
kalis, dinginkan. Setelah dingin, masukan telur satu persatu sambil
dikocok dengan mixer hingga kental dan rata, adonan siap untuk di
semprotkan.

Filling :

1 bh dada ayam, rebus, dinginkan, potong kotak
100 gr wortel, kukus, lumatkan, dinginkan
1/2 paprika merah, potong kotak
2 putih telur rebus, potong kotak

Bahan saus :
100 gr mayonaise
2 kuning telur rebus
1 sdm saus sambal (aku pake sambal belibis, hilangkan kalau gak mau
ada pedasnya)
1 sdt merica hitam yang digerus kasar
keju cheddar parut untuk taburan

Caranya :

Lumatkan kuning telur bersama mayonaise, tambahkan saus sambal dan
merica hitam. Aduk rata, sisihkan.
Dalam wadah, campur ayam dan wortel yang sudah dilumatkan hingga rata.
tambahkan saus mayonaise tadi. Aduk rata, lalu masukkan paprika,
campur hingga rata.
Ambil kulit soes, beri filling, taburi dengan keju. Sajikan.

PS : Masukkan bayam setelah mentega dan gula benar-benar larut dan air
mulai mendidih, agar bayam tidak dimasak terlalu lama...

Camelia
http://www.camelia-at-home.blogspot.com/
See also: nccsoesweek.blogspot.com

Tidak ada komentar: