Jumat, 13 November 2009

Sus Ayam Keju by Ina


Sus Ayam Keju by Ina, originally uploaded by NCC Soes Week.

dalam rangka meramaikan nccsoesweek...maka laporan ini di repost lagi.... sekali-sekali pengen nyobain bikin sus yang asin..akhirnya pilihan jatuh ke sus ayam keju ini...setelah searching sana-sini, akhirnya jatuh ke resep yang ada di blognya mbak shirley "dapur solia" tapi karena ga punya merica hitam bubuk jadi bagian yang itu di skip ajah...

ini resepnya

SUS AYAM KEJU
sumber : shirley theresia "dapursolia"

Bahan: (A) Untuk Sus:
500 ml Air
150 gram Margarin
½ sdt Garam
200 gram Tepung terigu protein tinggi (Cakra)
4 butir Telur utuh ukuran sedang

(B) Untuk Isi:
2 sdm Margarin untuk menumis
100 gram Bawang bombay, cincang halus
350 gram Dada ayam, rebus, cincang kasar
½ sdt Merica bubuk
½ sdt Pala bubuk
¼ sdt Garam
1 butir Telur
100 gram Keju cheddar, parut
2 lembar Roti tawar, rendam dalam
100 ml Susu
Modified by Shirley: tambahkan ½ sdt merica hitam bubuk & ½ sdt kaldu ayam bubuk untuk menguatkan rasa

Cara membuat:

1) Siapkan 2 buah loyang ukuran 30 x 10 (loyang brownies) atau 1 buah loyang ukuran 26 x 26 cm, olesi dengan margarin (tidak perlu ditaburi tepung atau dialasi kertas roti).

2) Sus: didihkan air bersama margarin (ada yang menyarankan jangan sampai mendidih bergolak, cukup sampai mendidih pertama), lalu masukkan garam dan tepung, aduk terus sampai kalis (tercampur seluruhnya dan tidak menempel di panci). Dinginkan sekitar 15-20 menit. Setelah hangat, masukkan telur satu per satu, sambil dicek apakah adonannya terlalu lembek (gunakan telor yang besarnya sedang, bukan yang jumbo supaya adonan nggak becek). Kocok dengan mixer kecepatan rendah (speed 1) hingga tercampur rata. Masukkan 1/3 hingga 1/2 adonan ke dalam plastik segitiga. Sisihkan.

3) Nyalakan oven, atur pada suhu 200 °C (untuk pemanasan, bisa atur ke 220 derajat, baru diturunkan setelah adonan masuk).

4) Isi: Panaskan margarin. Masukkan bawang bombay cincang, tumis hingga harum. Masukkan daging ayam cincang, aduk2 hingga berubah warna. Matikan api. Masukkan rendaman roti & susu. Masukkan semua bumbu kecuali merica hitam, aduk rata. Setelah agak dingin, masukkan telur, aduk hingga rata.

5) Penyelesaian: ambil adonan sus dari panci, letakkan di loyang sampai menutupi dasarnya. Masukkan ke dalam oven, stabilkan suhu di 200 °C, panggang selama 10-15 menit sampai busanya hilang dan adonan agak naik. Keluarkan, tata adonan isi lalu taburi dengan merica bubuk hitam. Taburi dengan keju parut. Semprot sisa adonan sus bagian atas, bentuk menjadi silang/pagar. Masukkan kembali dan panggang selama ± 20-25 menit sampai matang / kecoklatan (jangan buka oven sampai adonan matang).

6) Setelah matang, dinginkan lalu potong2 sesuai selera.

7) Jika sus ini harus menginap, masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu masukkan kulkas bawah. Ketika akan dinikmati, susun di piring datar, parut sedikit keju mozarella di atasnya, panaskan di microwave selama 2 menit (set to high). Hidangkan dengan sambal botol.

tapi cara pembuatannya yang beda, klo mbak shirley alasnya dipanggang dulu, klo saya langsung semua jadi 1 disusun trus di oven...(sempet tanya mbak vivi liong via FB, bagusnya dipanggang alas dulu ato langsung semua...jawabnya klo alas dipanggang dulu ntar alasnya jadi kering banget krn dipanggang 2x) ...tapi hasilnya koq kayak benyek ya..(koq malah balik nanya)..lapisan atasnya uda coklat tapi bawahnya msh terkesan basah apalagi yang nempel sama isi...mungkin saya yang salah kali..masih penasaran sama sus ayam keju ini..lain kali pengen nyoba lagi dengan cara alasnya dipanggang dulu...mudah2an sukses...
sempet minder nich sama hasil fotoku yang ga sebrapa bagus..tapi nekadz aja dech..klo ga nekadz..kapan berani untuk unjuk gigi....

tengkyu ...


Ina
http://www.denskitchen.blogspot.com/

Tidak ada komentar: