Jumat, 27 November 2009

Soes Vulcano by Arlita Miarsi

Lapooorrrr.......

Udah mevet....menjelang detik-detik terakhir baru nyetor untuk ngeramein soes weeknya NCC. Nyetor 2 sekaligus...modal nekad pokoknya...hehehehe. Di namakan Soes Vulcano karena jadinya ternyata kok ky gunung n dinamakan bintang ceria soalnya hiasannya warna warni sih...

Sus Vulcano
( Talam Ubi Ungu Saus Almond )

Bahan :

Isi ( Vla almond ) :
200 ml susu cair
100 gram gula pasir
1 butir telur
15 ml essence almond
30 gram kacang almond cincang
30 gram tepung maizena

Kulit Sus :
250 ml air
100 gram mentega
150 gram terigu
4 butir telur
Pewarna Ungu

Talam Ubi :
200 gram ubi ungu, kukus n haluskan
200 gram ubi putih, kukus n haluskan
400 ml santan kental
1 butit telur
100 gr tepung sagu
175 gula pasir
1 sdt garam

Saus Almond
100 ml susu cair
50 gram gula pasir
½ sdt garam
1 sdm esens almond
40 gr kelapa muda kerok
15 gr kacang almond
15 gr tepung maizena-dilarutkan dgn air

Cara Membuat :

1. Isi ( Vla Almond ) : rebus susu, essens almond, telur kocok lepas dan gula pasir hingga mendidih. Masukkan larutan tepung maizena, masak hingga mengental. Angkat dan campur dengan kacang almond cincang.
2. Sus : Didihkan air , mentega. Masukkan tepung terigu, rebus sambil diaduk hingga adonan licin. Angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk ( dimixer ) hingga rata. Bagi 2 adonan. Beri salah satu adonan dgn pewarna ungu. Masing-masing adonan di Masukkan pipping bag yang berbeda dan disatukan keduanya dalam satu pipping bag, Cetak bulat dengan menggunakan spuit. Panggang dalam oven bersuhu 200 C selama 45 menit hingga mengembang n matang ( tidak ada buih )
3. Talam Ubi : Campur ubi, tepung tapioka, gula pasir, telur ayam, dan garam, aduk rata. Tuang santan sedikit demi sedikit aduk rata dan tidak berbintil lalu saring. Tuang ½ adonan ke dalam cetakan, beri isi vla almond dan tuangi adonan hingga penuh. Kukus selama 35 menit dgn api sedang hingga matang. Angkat, keluarkan dari cetakan.
4. Saus Almond : Rebus susu, gula pasir, garam dan essens hingga mendidih. Tuang larutan maizena, masak hingga mengental. Sesaat akan diangkat, masukkan daging kelapa muda dan potongan kacang almond slice, aduk rata. Dinginkan.
5. Potong bagian atas kue sus, isi vla almond dan letakkan talam ubi ungu diatasnya.Hias dengan whipp cream n cherry. Sajikan dgn saus almond.

Arlita Miarsi
Email: Email: arlit4@yahoo.com

Tidak ada komentar: