Senin, 09 November 2009

Sus Almond by Yumi


Sus Almond by Yumi, originally uploaded by NCC Soes Week.

Sekilas mirip pesawat luar angkasa yang sering nongol di film film yang bertemakan UFO ya? :) Tapi Soes Almondnya Yumi ini sepertinya lezat, apalagi dengan almond slice yang crispy.

Ikut laporan ya...

Bingung mau bikin apa buat ikutan Soes Week. Lihat bahan2 di rumah
ternyata ada sisa almond bubuk. Cari2 ide di buku resep Sedap Sekejap
dan lihat ada resep sus almond, akhirnya jadi deh sus almond ini.

Cara bikinnya seperti biasa tapi adonan margarin dan mentega ini
sempat aku inapkan semalaman dan bukan di dalam kulkas. Ceritanya aku
masak adonannya jumat sore sekitar maghrib dan abis maghrib aku ada
acara keluarga. Niatnya sih nanti pas pulang baru aku masukkan telur
dan diovennya. Ternyata pulangnya udah kemalaman dan ngantuk banget,
males banget kalo harus nerusin dan nungguin ovenan kulit sus. Suamiku
bilang besok pagi aja diterusin aja. Ya sudah dapat dukungan akhirnya
aku tinggal tidur deh. Adonannya masih di atas kompor malah cuma aku
tutup aja.

Paginya baru aku masukkan telurnya, dikocok terus dioven deh. Iseng
aku tancepin almond slice di kulitnya. Niatnya sih biar jadi kayak
landak ada duri-durinya, tapi hasil akhirnya jauh banget. Nggak
nyambung ama landak. Malah nggak tau itu jadi seperti apa.

Susnya enak lho, apalagi ada krenyes-krenyes dari almond slice yang
ditancepin. Cobain deh...

Resep kulit sus nya aku ambil dari majalah sedap sekejap sementara
vlanya dari resepnya bu Fat. Resep aslinya harusnya pake vla coklat
tapi kemarin aku bikinnya pake vla vanila karena di kulkas ada sisa
vla vanila dari orderan sus sebelumnya.

Yuk cobain bikin...ini resepnya ya...

Soes Almond

Bahan Kulit :

75 gr margarine
150 ml air
50 gr tepung terigu
50 gr almond bubuk
3 butir telur

Bahan Vla:

700 cc Susu cair
150 gr gula pasir
50 gr tepung maizena
¼ sdt garam
2 btr kuning telur
1 sdm mentega

Cara Membuat :

Kulit : Rebus margarine dan air sampai mendidih. Tambahkan tepung
terigu dan almond bubuk. Aduk sampai kalis. Angkat.
Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukkan dalam
kantong plastic segitiga. Semprot bentuk melingkar di loyang yang
sudah dioles margarine. Oven selama +/- 25 menit dengan suhu 200
derajat atau sampai buihnya hilang.
Vla : Cairkan maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok lepas
kuning telur, cairkan dengan sedikit susu, satukan dengan cairan
maizena, sisihkan. Rebus susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran
maizena, didihkan sekali lagi hingga meletup-letup. Angkat

Salam
Yumi
kreasidapoermivanda.blogspot.com

Tidak ada komentar: