Selasa, 10 November 2009

Choux Almond Cream n Strawberry by Uchiet (Susi Widhiyani)

Almond dan strawberry...perpaduan rasa yang sempurna. Kata Uchiet, "gak kalah sama cream bikinan hotel bintang 5 dah :)" Makasih Susi Widhiyani alias Uchiet, semoga semua semangatnya segera kembali ya..

Halo semua.....


Mau lapor buat soes week nih.......akhirnya ikutan juga.

Awal soes week ini mau dimulai, sempat liat emailnya tapi cuma bisa tarik nafas karena bersamaan dengan upacara adat untuk meninggalnya bapak. Repot plus gak punya semangat rasanya.

Pas balik lagi ke kandang singa.....bener2 gak punya semangat sampai liat anekan soes yang rasanya bertubi-tubi di pamerin di milis. Lama2 kok kepengen juga ikutan. Mikir-mikir dari pada sedih terus ingat bapak, mata sembab kepala pening.......mending ikutan acara ini
aja deh.

Teringat juga bapak dulu pernah ambil bidang ilmu gizi dan punya handbook tentang cake n pastry yang sudah lama sekali saya simpan...dari saya SD. Untung saya bawa ke singapur sekalian. Saya buka2 di situ ada beberapa resep soes dari yang mudah sampai jelimet!

Akhirnya saya pilih satu dulu lah yang kira2 pas dengan bahan kue yang saya punya di rumah.
Sambil ngelap air mata....bismillah deh semoga abis ini semangat baking lagi.

Resep yang saya pilih judul aslinya : Choux Cake with Almond Cream And Strawberries dari buku The good cook : Cakes & Pastries, penerbit Time Life Book 1980. Bikin pertama kali pakai acara salah baca resep pula....gulanya kelebihan beberapa sendok...jadinya bener2 coklat agak
gosong gitu...pokoknya gak sesuai hati deh.

Akhirnya ...karena bentuk aslinyanya besar, kulitnya terlalu lembut dan ada bahan yang tak terpakai (dibuang bagian dalam cake nya untuk tempat isian cream) jadi saya modifikasi sesuai selera saya. Namanya juga saya rumah jadi Choux Almod Cream n Strawberry. Rasa akhir
creamnya seperti campuran antara moka dan almond plus segarnya strawberry ...pokoknya mantab dan bau almondnya....wangiiii....gak kalah sama cream bikinan hotel bintang 5 dah!...he he he....

Choux Almond Cream n’ Strawberry
Bahan :

Almond Cream dan Strawberry
90 gram Almond, disangrai dan ditumbuk agak halus atau gunakan almond
bubuk jadi.
500 gram Strawberry iris tipis atau potong dadu
250 ml susu
1 ½ sdm maizena
125 gram Brown sugar
1 butir telur dikocok
1 sdt vanilla ekstrak
300 ml whipping atau double cream - resep aslinya 1 ¼ liter tapi saya kurangi
1 sdm almond liquer (optional) – saya skip

Choux Dough
180 ml air
125 gram mentega
1 sdm gula
2 sdm air perasan jeruk lemon dan kulitnya diparut dari 1 buah lemon
150 gram tepung terigu protein tinggi
4 butir telur

Cara membuat :
1. Campurkan air, mentega, gula, perasan lemon dan kulit lemon
kemudian didihkan.
2. Tambahkan tepung terigu dan aduk hingga kalis kemudian dinginkan.
3. Tambahkan telur pada adonan soes yang telah dingin dan kocok hingga
tercampur rata.
4. Masukkan adonan tersebut dalam plastik segitiga kemudian spuit satu
persatu di atas loyang yang telah diberi olesan mentega.
5. Taburkan bubuk almond di atas adonan soes, kemudian panggang hingga
mengembang dan berwarna kecoklatan. Sisihkan.
6. Campurkan susu, maizena dan brown sugar kemudian tambahkan pada
kocokan telur. Aduk rata dan panaskan di atas kompor hingga kental.
7. Angkat cream dari atas kompor, tambahkan vanilla dan almond bubuk,
aduk rata dan dinginkan dalam kulkas.
8. Kocok whipping atau double cream hingga mengembang, masukkan ke
dalam adonan cream yang sudah didinginkan dan aduk rata.
9. Masukkan potongan strawberry ke dalam adonan cream, aduk.
10.Potong bagian tengah kulit soes, kemudian isi dengan cream. Ulangi
hingga kulit soes terisi semua.
11.Sajikan.

Selamat mencoba yah.

Salam
uchiet

Link: nccsoesweek.blogspot.com

Tidak ada komentar: